Kenali Pasar, Ketahui Potensi dan Atasi Kelemahan Usaha Anda dengan Analisa SWOT

Memiliki ide untuk membuat sebuah usaha atau produk bisa di katakan gampang-gampang susah. Karena ketika kita sudah bisa menentukan usaha apa atau barang apa yang akan kita jalankan atau jual di pasaran, terkadang kita binggung untuk siapakah produk tersebut atau target dari usaha tersebut. Sebelum memasarkan sebuah produk ke pasaran atau menjalankan sebuah usaha, sebaiknya terlebih dahulu Anda ketahui dari segi kekuatan, kekurangan, peluang, dan ancaman yang mempengaruhi pemasaran produk Anda atau usaha yang akan dijalankan. Sebab tanpa informasi tersebut, Anda tidak dapat mengetahui seberapa besar potensi pasar , minat dan peluang pasar yang dapat dimanfaatkan, serta tingginya tingkat persaingan pasar pada produk atau udaha Anda. Untuk itu, analisa produk atau usaha (organisasi) sangat penting dilakukan sebelum Anda menawarkan produk Anda dan juga menjalankan usaha Anda.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menganalisa produk atau usaha (organisasi) adalah dengan metode analisis SWOT. Metode ini menganalisa dengan menggunakan dua faktor penting, yaitu faktor internal yang berupa kekuatan dan kelemahan. Serta faktor eksternal yang terdiri dari kesempatan dan ancaman. Cara ini menjadi salah satu kunci bagi para pengusaha untuk mengetahui potensi dari sebuah produk dan usaha yang dijalankan, sebelum akhirnya menentukan strategi pemasaran yang paling efektif untuk sebuah produk dan jenis usaha Anda.

Manfaat SWOT Bagi Para Pelaku Usaha

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa Metode analisis SWOT menganalisa dari dua faktor yaitu faktor internal berupa kekuatan (strengths), dan kelemahan (weaknesses), serta faktor eksternal yang berupa kesempatan (opportunities) dan ancaman (threats). Kedua faktor tersebut kemudian dapat diuraikan menjadi 4 (empat) sisi yang saling terkait, sebagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan dari sebuah peluang (opportunities) yang ada, kemudian bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan untuk bisa Anda dapatkan, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata. Dengan membuat analisis ini keterhungan 4 sisi tersebut, akan memberikan kemudahan untuk mewujudkan visi dan misi suatu perusahaan atau produk.

Sebagai pemahan atas analisis SWOT berikut contoh analisis SWOT untuk usaha penjualan tas wanita online

Menganalisis dan menguraikan faktor internal dan eksternal dalam usaha usaha penjualan tas wanita online.

1. Strengths | Kekuatan

  • Tempat usaha atau lokasi usaha di sekitar rumah yang kebanyakan wanita dan kecenderungan menyukai fashion terutama tas.
  • Konsep gaya yang ditawarkan adalah kekinian atau update trendy terkini.
  • Bisa dijadikan tempat berkumpulnya para pecinta tas ber-merek atau model terbaru.
  • Harga merakyat atau bisa dijangkau semua kalangan.
  • Lokasi yang mudah dijangkau dan tempat yang nyaman.
  • Memiliki website dan forum pribadi juga kontak delivery order.
  • Mengutamakan Brand dan model terbaru.
  • Keterjaminan dalam penyampaian barang yang dijual.

2. Weakness | Kelemahan

  • Banyak Pesaing.
  • Kurangnya kemampuan untuk menyediakan barang (ready stock) terkadang harus menunggu untuk bisa mendapatkan barang yang dipesan.
  • Modal untuk memulai usaha masih kurang.
  • Membutuhkan modal besar.
  • Masih belum membuat produk tas sendiri sebagai Brand unggulan.

3. Opportunities | Kesempatan

  • Dengan adanya inovatif dan kreatif usaha ini memiliki kesempatan besar untuk menjadi toko online besar.
  • Belum banyak tempat penjualan tas wanita yang menyediakan tempat yang nyaman dan menjadi tempat berkumpulnya para pecinta tas ber merk dan keluaran terbaru.
  • Masih Jarangnya toko tas online yang menyediakan forum untuk saling berbagi satu sama lainnya.
  • Memberikan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar.

4. Threats | Ancaman

  • Terkadang forum memiliki gangguan karena internetnya sedang down.
  • Ketika harga meningkat, otomatis harga jual juga semakin mahal
  • Banyak pesaing yang mengikuti konsep atau gaya yang telah kita buat.

Kesimpulan dari analisis SWOT ini adalah :

Setelah menganalisis semua faktor, langkah selanjutnya adalah bagaimana memaksimalkan kekuatan (strengths), menutupi kelemahan (weaknesses), memanfaatkan peluang (opportunities), dan mengatasi semua ancaman (threats) yang datang. (Dari berbagai sumber)

ISO | Jasa akuntansi | Standar operasi prosedur | Pembukuan | Review laporan keuangan | Audit |

www.canconsulting.net / www.ccaccounting.wordpress.com

email : info@canconsulting.net

Phone/SMS/Whatsapp: +62-81-9010-11177

kiper

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s