Apakah itu K3

K3 adalah singkatan dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Terdapat perbedaan dalam menyebut kepanjangan dari K3, beberapa artikel menyebut “Kesehatan dan Keselamatan Kerja”. Namun merujuk kepada istilah bahasa inggris nya, Occupational Health and Safety (OHS), maka istilah Keselamatan dan Kesehatan Kerja dirasa lebih tepat
 
Secara umum, K3 didefinisikan sebagai ilmu tentang antisipasi, rekognisi, evaluasi dan kontrol terhadap bahaya yang muncul di tempat kerja yang dapat mempengaruhi kesehatan dan keselamatan pekerja – selain juga dapat berpengaruh terhadap komunitas dan lingkungan sekitar. 
 
Ruang lingkup K3 sangat luas, merujuk kepada berbagai disiplin ilmu dan berbagai bahaya dalam lingkungan kerja. Untuk memaksimalkan perlindungan terhadap pekerja dan lingkungan – sebagai target penerapan K3, maka dibutuhkan berbagai kapasitas keahlian, pengetahuan, dan analisis dalam implementasi K3.

Keselamatan Kerja

Keselamatan Kerja atau occupational safety adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang manajemen keselamatan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

Berikut bahaya yang umum menjadi pemicu timbulnya kecelakaan di tempat kerja sebagai berikut:

  • Kecelakaan  – Kecelakaan didefinisikan sebagai suatu kejadian yang tidak dikehendaki dan tidak diduga semula yang dapat menimbulkan korban manusia atau harta benda (Permenaker No. 03/MEN/98)
  • Api dan kebakaran – Bahaya api dan kebakaran adalah ancaman umum pada semua tempat kerja. Kebakaran terjadi akibat adanya perpaduan antara bahan bakar yang cukup, sumber oksigen, dan pencetus api. Untuk menurunkan resiko kebakaran dibutuhkan penyediaan prosedur penyelamatan, alat deteksi kebakaran dini, sistem pemadaman kebakaran, tanda peringatan bahaya, serta perawatan alat dan mesin yang efektif.
  • Listrik Salah satu bahaya signifikan yang mengancam di tempat kerja adalah bahaya listrik. Tidak jarang kecelakaan kerja yang berhubungan dengan listrik mengakibatkan korban jiwa; bahkan kecelakaan kerja ini umumnya terjadi bukan pada industri listrik. Berangkat dari kesadaran akan hal ini, maka pengetahuan tentang fisika dasar listrik dan bagaimana listrik bisa mengakibatkan kecelakaan adalah sesuatu yang harus dimiliki oleh setiap praktisi K3. Tuntutan ini didukung oleh adanya peningkatan kebutuhan listrik dalam industri dan kehidupan sehari-hari.

Pengetahuan dasar

Listrik terjadi akibat adanya aliran elektron melalui sebuah konduktor, pergerakan tegangan listrik ini dikenal dengan arus listrik dan intensitasnya diukur dengan satuan ‘ampere’. ‘I’, yang diambil dari kata intensity, adalah simbol untuk arus listrik. Berdasarkan arahnya, arus listrik dapat berupa DC (direct current) atau AC (alternating current). Arus listrik DC mengalir menuju satu arah, contohnya arus listrik dari sumbu negatif ke sumbu positif sebuah baterai. Sedangkan arus listrik AC memiliki dua arah dengan frekuensi spesifik.

Efek fisiologis akibat cedera yang berhubungan dengan listrik

o    Luka bakar atau electric shock akibat kontak langsung

o    Cedera ketika bekerja dekat dengan alat listrik

o    Listrik statis

o    Bahaya lain yang tidak langsung berhubungan (e.g. bahaya jatuh setelah tersengat listrik)

Pengendalian bahaya listrik

Secara umum, seperti juga dalam pengendalian sumber bahaya lain, pengendalian bahaya listrik dilakukan dengan pendekatan hirarki kontrol (i.e eliminasi, subtitusi,engineering controladministrative control, dan penggunaan APD (Alat Pelindung Diri)

Referensi

Ruschena, LJ 2012. (2012). Physical Hazard: Electricity. In HaSPA (Health and Safety Professionals Alliance), The Core Body of Knowledge for Generalist OHS Professionals. Tullamarine, VIC. Safety Institute of Australia.

  • Bahaya di tempat kerja

ISO | Jasa akuntansi | Standar operasi prosedur | Pembukuan | Review laporan keuangan | Audit |

www.canconsulting.net / www.ccaccounting.wordpress.com

info@canconsulting.net

Phone/SMS/Whatsapp: +62-81-9010-11177

 

konsultasik3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s