PENTINGNYA MEMPELAJARI PAJAK BUNGA PINJAMAN

Jika berbicara mengenai dunia akuntansi pasti kita tidak akan pernah lepas dari dunia perpajakan yang juga ada di dalamnya. Dalam membayar pajak setiap orang pasti akan memperhitungkan terlebih dahulu sehingga mereka tidak akan salah pada saat wajib membayar pajak tiba waktunya. Ini akan menjadi sebuah pelajaran bagi mereka yang belum pernah melakukan pembayaran pajak. Ada sebuah pajak yang mungkin tidak banyak dikenal yaituPajak Bunga Pinjaman, jika ada beberapa orang yang jarang melakukan pinjaman mungkin mereka akan sangat terasa asing dengan pajak ini.

 

Pajak ini sebenarnya akan didapatkan oleh semua orang yang meminjam uang dalam jumlah tertentu dan juga pada bank tertentu. Sehingga ketika akan meminjam uang sebenarnya kita harus melakukan penghitungan yang sangat lengkap sekali. Jika tidak melakukan penghitungan bisa saja ada tagihan yang bisa luput dari perhatian kita seperti berapa jumlah pajak yang harus kita bayarkan setiap bulannya. Semua biaya ini memang sangat penting sekali untuk kita bayarkan karena jika tidak akan membuat nama kita bisa saja dicoret dari daftar pembayaran pajak.

 

Pinjaman uang biasanya memiliki jumlah yang berbeda-beda setiap orangnya sehingga mereka harus tahu apakah peminjaman ini akan sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Jika pinjaman ini sesuai dengan apa yang kita butuhkan maka kita akan mendapatkan uang yang sesuai dengan kita inginkan. Maksud dari pajak dalam subjek ini adalah kita akan membayarkan sejumlah uang sebagai pajak dalam pinjaman kita. Karena jika tidak ada pajak maka pemerintah dan juga pihak bank tidak akan mendapatkan apapun. Pajak ini jumlahnya juga disesuaikan dengan berapa pinjaman yang kita lakukan.

 

Ada beberapa orang yang terpaksa harus mencari pinjaman dengan pajak murah karena mereka memang tidak memiliki cukup uang. Tetapi sejak pinjaman menggunakan pajak ada banyak pemasukan untuk negara yang akan sangat berguna sekali untuk mengembangkan fasilitas dan juga untuk membangun kembali negara ini. Besaran pajak memang akan berbeda dengan pajak yang lainnya namun hal ini akan menjadi sebuah hal yang sangat berguna sekali. Jadi jangan sampai terlewat dalam pembayaran pajak ini.

 

Penggunaan pajak ini sebenarnya tidak akan mengganggu siapa saja yang belum pernah mengajukan pinjaman. Karena menurut beberapa orang pajak ini sebenarnya jumlahnya tidak terlalu besar dan juga tidak terasa pada perbedaan jumlah pinjaman kita. Untuk itu sebenarnya kita bisa tetap mengajukan pinjaman dengan baik dan juga mendapatkan hasil yang sangat maksimal dengan pinjaman ini. Jangan sampai karena ada pajak beberapa orang tidak jadi meminjam uang.

 

Ada beberapa orang yang bertanya mengenai pajak bunga pinjaman berapa sebenarnya yang harus dibayarkan. Ini semua akan bergantung kembali dengan bank dan juga kebijakannya yang berbeda-beda. Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan dari pajak ini antara lain:

 

  1. Besaran pajak, ini sudah pasti akan sangat menjadi perhatian serius.
  2. Waktu, berapa lama pajak ini akan diambil dari jumlah pinjaman kita.
  3. Persen, biasanya persen akan mempermudah kita menentukan berapa pajak yang harus dibayarkan.
  4. Jumlah pinjaman kita, karena ini akan menentukan apakah pinjaman ini akan membuat kita sulit atau tidak.

 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pinjaman uang bagi mereka yang belum tahu caranya. Berikut ini adalah cara meminjam uang antara lain:

 

  • Kita bisa datang ke bank tempat dimana mereka menyediakan peminjaman uang.
  • Mengisi segala formulir yang dibutuhkan dan juga memberikan persyaratan yang dibutuhkan oleh pihak bank.
  • Mendapatkan uang pinjaman setelah mengetahui apakah pinjaman kita disetujui.
  • Uang bisa diambil setelah semua dokumen sudah lengkap dan setiap bulannya kita akan membayarkan tagihan ini dan pada akhirnya akan dipotong dengan pajak.

 

Ada juga beberapa bank yang tidak terlalu menonjolkan besaran bunga pinjaman yang akan dibayarkan oleh nasabah mereka. Oleh karena itu ada baiknya jika kita mendapatkan bunga yang seharusnya kita dapatkan. Pinjaman yang besar maka pajaknya akan semakin besar karena persen yang akan semakin meningkat. Jadi pinjaman kecil juga akan sesuai dengan jumlah pinjamannya tidak akan diberikan bunga yang sangat besar. Biasanya mereka yang meminjam akan dikenakan bunga sebesar 1% sementara itu untuk pajak biasanya akan lebih kecil.

 

Meskipun ada beberapa biaya diatas tidak menutup keinginan masyarakat Indonesia untuk selalu meminjam uang di bank. Mereka tetap mau dan beberapa ada yang sering membayar tidak tepat waktu, hal ini yang membuat banyak bank memberikan pajak yang cukup besar. Jadi jangan sampai sebagai peminjam uang kita tidak membayarkan pajak yang sesuai. Tetapi uang yang dipinjam juga harus sesuai penggunaannya jangan digunakan untuk beberapa hal yang tidak sesuai dengan peruntukannya.

 

Untuk menghitung mengenai perpajakan sebenarnya kita bisa menggunakan ilmu akuntansi karena semua sumber perpajakan ini berasal dari akuntansi. Inilah yang menjadi dasar beberapa orang untuk mengetahui beberapa hal mengenai peminjaman uang. Pajak yang besar ini memang membuat ada beberapa orang kesulitan dan juga membuat mereka kesulitan dalam menentukan mana yang cocok untuk mereka. Besaran uang yang dipinjam harus disesuaikan dengan kebutuhan kita. Jadi pembayaran tagihan pinjaman ini sudah akan termasuk dengan pajak bunga pinjaman yang akan kita dapatkan. Pada saat membayar sudah bisa menggunakan ATM dan juga datang langsung ke bank tempat kita meminjam uang dengan menggunakan slip setoran.

uangteman

CAN CONSULTING

Jasa akuntansi | Standar operasi prosedur | Pembukuan | Review laporan keuangan | Audit | Software akuntansi

www.canconsulting.net / www.ccaccounting.wordpress.com

info@canconsulting.net

Phone/SMS/Whatsapp: +62-81-9010-11177

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s