DASAR MANAJEMEN KEUANGAN YANG BAIK BAGI UKM

Manajemen keuangan tidak hanya sekedar bagaimana cara mengelola uang kas. Namun bagaimana cara mengelola keuangan untuk menghasilkan keuntungan.

Meskipun terlihat mudah dan sangat sederhana, setiap pelaku usaha kecil menengah (UKM) penting untuk menerapkan manajemen keuangan yang baik. Minimal pelaku UKM mempunyai buku catatan kas masuk dan juga kas keluar. Kenyataannya para pelaku UKM lebih tertarik membahas ide dan inovasi bisnis, produksi dan target penjualan serta strategi pemasaran dibandingkan dengan berbicara manajemen keuangan.
Pelaku UKM menganggap bahwa manajemen keuangan adalah salah satu hal yang bisa berjalan dengan sendirinya. Jika bisnis bagus maka keuangan bisnis juga akan sama bagusnya. Persepsi tersebut mungkin ada benarnya, namun tetaplah berhati-hati karena bisa menyesatkan. Benar adanya jika sumber kas usaha adalah penjualan dan keuntungan. Akan tetapi bisnis tidak hanya sekedar bagaimana cara menghasilkan uang, melainkan juga mengenai bagaimana cara membelanjakan dan mengendalikan.

Manajemen keuangan tidak hanya sekedar bagaimana cara mengelola uang kas. Namun lebih dari itu, manajemen keungan merupakan bagaimana cara mengelola keuangan untuk menghasilkan keuntungan serta memanfaatkan sumber modal demi untuk membiayai usaha. Walaupun sederhana, UKM tetap perlu menerapkan manajemen keuangan. Berikut adalah beberapa dasarnya.
Buat Anggaran Arus Kas
Update kondisi keuangan perusahaan Anda terkait dengan komponen utama seperti penjualan, arus kas masuk dan keluar atau yang lain-lainnya. Anggaran untuk arus kas membantu memastikan bahwa perusahaan bisa membayar semua pengeluaran dan memungkinkan perusahaan untuk dapat mengelola pendapatan dan pengeluaran dengan efektif.
Mengenal Perubahan Arus Kas
Beban pokok operasional mempunyai dampak yang signifikan pada arus kas perusahaan. Di saat yang sama tekanan yang berasal dari kenaikan harga bahan baku akan terus membebani keuangan pada perusahaan. Arus kas juga dipengaruhi oleh keadaan hutang piutang perusahaan. Hal ini tentu saja sangat mempengaruhi beban bunga.
Mengelola Piutang Terhadap Klien
Ada sejumlah cara yang berbeda tentang bagaimana cara mengelola piutang perusahaan. Menetapkan kebijakan kredit yang efektif adalah salah satu bagian penting dari manajemen arus kas. UKM juga harus mempunyai strategi tentang bagaimana cara mendorong klien untuk mau membayar lebih cepat. Misalnya membebankan bunga pada rekening yang sudah lewat jatuh tempo.
Periksa Status Hutang
Periksalah secara teratur keuangan perusahaan dengan jadwal pembayaran hutang. Hal ini bisa membantu di mata kreditur mengenai seberapa baik perusahaan bisa menjaga kewajiban kreditnya. Praktik berguna untuk melihat berapa banyak perusahaan berhutang, kepada siapa saja dan apakah perusahaan sekarang ini mempunyai jadwal pembayaran yang telah jatuh tempo atau tidak.
Mengurangi Biaya Opersional
Carilah bagaimana cara memotong biaya operasional. Misalnya saja dengan mencari bahan baku yang lebih murah, tetapi tetap bisa menjaga kualitas dari produk. Pada saat perusahaan menerima orderan yang banyak, Anda bisa menambahkan pekerja dengan status kontrak. Setelah itu, upgrade mesin produksi dengan menggunakan teknologi yang terbaru agar bisa lebih efisien dari sisi power konsumsi untuk menekan biaya listrik.
Menggunakan Kredit Secara Efektif
Fasilitas kredit tergantung dari keadaan perusahaan, rencana bisnis serta fasilitas kredit yang ada. Semakin baik keadaan dari perusahaan Anda maka akan semakin bagus juga prospek perusahaan di masa depan. Maka, hal itu akan berdampak pada pemberian kredit ke perusahaan dengan lebih mudah. Oleh karena itu, gunakanlah dana kredit tersebut secara tepat dan juga efisien.
Kelebihan Arus Kas Untuk Expansi
Pertimbangkan mengenai bagaimana perubahan perekonomian yang mempengaruhi keuangan perusahaan seperti untuk mata uang maupun suku bunga. Dengan begitu hal ini bisa mempengaruhi pendapatan maupun beban keuangan perusahaan. Setiap surplus arus kas bisa digunakan untuk ekspansi usaha, melunasi hutang serta mempertahankan tingkat produktifitas dari perusahaan.
Berbisnis tidak hanya soal strategi, promosi, pilihan bisnis serta popularitas bisnis Anda. Menjalankan suatu bisnis perlu memikirkan soal manajemen keuangan juga. Manajemen keuangan usaha yang baik akan sangat menentukan kesuksesan bisnis Anda. Salam sukses!

CAN CONSULTING
Jasa akuntansi | Standar operasi prosedur | Pembukuan | Review laporan keuangan | Audit | Software akuntansi
http://www.canconsulting.net / http://www.ccaccounting.wordpress.com
e. info@canconsulting.net
Phone/SMS/Whatsapp: +62-81-9010-11177

http://bisnisukm.com/dasar-manajemen-keuangan-yang-baik-bagi-ukm.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s