Jenis Jenis Audit

JENIS-JENIS AUDIT
Audit utama yang umumnya dilakukan oleh Akuntan Publik (Auditor Extern), yaitu:
1. Financial Statement Audit (Audit atas Laporan Keuangan)
Adalah audit yang dilakukan untuk menentukan apakah keseluruhan laporan keuangan (informasi yang diverifikasi) dinyatakan sesuai dengan kriterianya, Standar Akuntansi Keuangan (SAK).
2. Operational Audit (Audit Pemeriksaan Operasional)
Adalah review terhadap beberapa bagian dari metode-metode dan prosedur-prosedur operasi suatu perusahan yang bertujuan untuk menilai efektivitas dan efisiensinya. Operational Audit disebut juga Manajemen Audit atau Performance Audit.
Pada penyelesaian Operational Audit, manajemen biasanya merekomendasikan auditor untuk perbaikan operasi suatu perusahaan.
Dibandingkan dengan kedua jenis audit lainnya, pelaksaanaan dan pelaporan hasil Operational Audit lebih sulit karena tidak mungkin dibuatkan suatu standar untuk berbagai area operasi yang dievaluasi efektivitasnya dalam suatu perusahaan dan berlaku untuk seluruh perusahaan.
Efektivitas dan efisiensi operasi lebih sulit dievaluasi secara objektif. Kriteria yang ditetapkan untuk mengevaluasi informasi dalam Operational Audit cenderung subjektif, sehingga Operational Audit lebih mirip dengan konsultasi manajemen (Management Consulting) daripada audit.
3. Compliance Audit (Audit Ketaatan)
Adalah audit yang bertujuan untuk menentukan apakah auditee (klien/pihak yang diaudit) telah mengikuti serangkaian prosedur-prosedur, norma-norma dan peraturan-peraturan tertentu yang ditetapkan oleh pihak-pihak yang berwenang, contohnya: penggajian karyawan telah mengikuti UMR (Upah Minimum Regional), pelaporan pajak sesuai dengan Undang-Undang (UU) Perpajakan dan lain-lain.

Sri Mulyani
Yanti Rufaedah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s